Laporan Kegiatan 17 Agustus 2015

LAPORAN KEGIATAN
PERINGATAN HUT RI KE 70
 “AYO SPORTIF”

SMAN 1 REMBANG TAHUN 2015

A. PENDAHULUAN
Kemerdekaan Republik Indonesia yang digapai melalui perjuangan para pahlawan bangsa merupakan rahmat  dan anugrah dari Allah Swt yang  tak ternilai. Tujuh puluh tahun  Kemerdekaan Republik Indonesia, selayaknyalah sebagai Warga negara untuk terus mensyukuri nikmat tersebut. Kemerdekaan sejatinya telah menjadi jembatan emas bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-citanya. Yakni, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Wujud syukur tersebut bisa dilakukan dengan mengisi kemerdekaan melalui kegiatan- kegiatan positif yang semakin menumbuhkembangkan semangat nasionalisme. Salah satunya yakni melalui pembudayaan sikap sportif, yang merupakan karakter seorang Pahlawan.
Berkaca pada sejarah, para Pahlawan bangsa kita telah banyak mencontohkan sikap sportif dalam perjuangan memeroleh kemerdekaan. Sikap sportif bahkan menjadi ‘ruh’ yang menggerakan dan pada akhirnya mengantarkan pada Kemerdekaan. Peristiwa Rengasdengklok yang menjadi bagian penting perumusan Kemerdekaan, merupakan bukti sikap sportif para pahlawan bangsa. Antara golongan tua dan muda, dengan elegannya menyepakati penentuan waktu Proklamasi kemerdekaan. 
Melihat potret bangsa dewasa ini, budaya sportif semakin luntur. Para pejabat, politisi, akademisi, penegak hukum, olahragawan dan berbagai pihak lainnya, justru menunjukan sikap yang non sportif. Praktik korupsi kian merajalela menjerat para pejabat Negara. Praktek suap dan pengaturan skor pun tak luput menjerat dunia olahraga kita. Jika kondisi demikian terus menerus dibiarakan, tentu akan menghambat upaya mencapai cita-cita bangsa.
Perlu upaya sejak dini pembudayaan sikap sportif. Sekolah sebagai institusi pendidikan yang didalamnya diisi oleh generasi-generasi muda, merupakan lahan yang tepat untuk memulai pembudayaan sikap sportif tersebut. Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 dan pembudayaan sikap sportif, OSIS SMAN 1 Rembang mengadakan kegiatan peringatan kemerdekaan yang bertema “AYO SPORTIF”.

B. DASAR KEGIATAN
Kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 70 SMA Negeri 1 Rembang  dilaksanakan dengan mengacu pada:
  1. Program kerja OSIS SMA Negeri 1 Rembang seksi bidang Pembina bidang kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara.
  2.  Rapat pengurus OSIS , Senin 03 Agustus 2015
  3.  Rapat pengurus dan pembina OSIS , Rabu 05 Agustus 2015
C. TEMA KEGIATAN
Kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 70 SMA Negeri 1 Rembang tahun 2015 mengambil tema yakni “ AYO SPORTIF

D. BENTUK KEGIATAN
Kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-70 terdiri dari lomba-lomba, yakni:
1. Lomba dubing pidato pahlawan nasional
2. Lomba tarik tambang puteri
3. Lomba make up berpasangan putera puteri
4. Lomba estafet memindahkan bola dengan gelas putera puteri
5. Lomba memindahkan kaleng dengan stick putera berpasangan
6. Jalan sehat

E. TUJUAN KEGIATAN
Kegiatan peringatan HUT RI ke 70 SMA Negeri 1 Rembang bertema bertujuan:
1. Meningkatkan semangat Keimanan dan Ketakwaan terhadap Allah SWT
2. Menumbuhkembangkan semangat nasionalisme terhadap bangsa dan Negara
3. Pembudayaan sikap sportif dilingkungan sekolah
4. Melaksanakan program kerja OSIS SMAN 1 Rembang tahun 2015

F. SASARAN KEGIATAN
Kegiatan peringatan HUT kemerdekaan RI ke-70, sasaran kegiatannya adalah seluruh warga SMA Negeri 1 Rembang

G. PELAKSANAAN
Kegiatan peringatan HUT RI ke-70 SMA Negeri 1 Rembang yang mengambil tema “Ayo Sportif” berjalan meriah. Pelaksanaan kegiatan dimulai pada hari Selasa 18 agustus 2015 pukul 07.00 wib, yang dibuka langsung oleh Purwito, S.Pd selaku Kepala Sekolah sekaligus Penanggungjawab kegiatan. Pembukaan dilakukan secara simbolis dengan meniup Peluit sebanyak tiga kali oleh Kepala Sekolah yang diiringi tepuk tangan, civitas akademika yang hadir dan memadati lapangan SMA Negeri 1 Rembang. 
Pasca pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan aneka kegiatan perlombaan. Pada peringatan HUT RI ke 70 ini, terdapat lima jenis perlombaan yakni lomba tarik tambang puteri, lomba memindahkan kaleng berpasangan putera, lomba estafet memindahkan bola pimpong putera-puteri, lomba make up berpasangan putera-puteri dan lomba lipsync pidato Pahlawan. 
Perlombaan pertama diawali dari cabang lomba tarik tambang puteri. System permainan yakni menggunakan system knock out. Dimana setiap tim yang memenangkan pertandingan akan terus melaju ke babak berikutnya. Sebaliknya tim yang kalah secara otomatis gugur. Setiap pertandingan terdiri dari dua rounde. Setiap rounde bernilai 1 point. Pemenang pertandingan adalah tim yang mengumpulkan dua point disetiap pertandingannya. Pada hari pertama, yang berlangsung pada hari selasa 18 agustus 2015 merupakan partai perdana. Sebanyak 24 empat tim ikut meramaikan lomba tarik tambang yang digelar di lapangan SMA Negeri 1 Rembang. Pada partai perdana didapat 12 tim pemenang, yang selanjutnya berhak lolos untuk fase selanjutnya. 

Setelah perlombaan tarik tambang, kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan kedua, yakni memindahkan kaleng dengan stick putera berpasangan. Sebanyak 24 tim ikut meramaikan lomba ini. Perlombaan ini menggunakan system grup, dimana sebanyak 24 tim dibagi menjadi 6 grup. Masing-masing grup terdiri dari 4 tim. Setiap tim terdiri dari dua orang laki-laki. Aturan perlombaannya yakni, setiap tim memindahkan kaleng dengan menggunakan stick yang digigit dimulut tiap peserta. Pemenang ditentukan dari banyaknya kaleng yang mampu dipindahkan oleh setiap tim dalam jangka waktu satu menit. Pada pertandingan perdana didapat masing-masing juara grup yakni sebanyak 6 tim yang berhak lolos ke fase knock out. 

Pada perlombaan ketiga, diadakan lomba estafet memindahkan bola pimpong menggunakan gelas putera-puteri. Sebanyak 24 tim ikut dalam perlombaan ini. Perlombaan ini juga menggunakan system grup, dimana sebanyak 24 tim dibagi menjadi 6 grup. Masing-masing grup terdiri dari 4 tim. Setiap tim terdiri dari 5 orang putera, atau puteri, atau campuran. Aturan perlombaanya yakni, setiap tim secara estafet memindahkan bola pimpong menggunakan gelas yang diikat dikepala. Tim yang mampu memindahkan bola pimpong terbanyak dalam jangka waktu satu menit, dialah yang menjadi pemenang. Pada pertandingan perdana didapat masing-masing juara grup yakni sebanyak 6 tim yang berhak lolos ke fase knock out 
Di perlombaan ke empat, di gelar lomba make up berpasangan. Sebanyak 24 tim ikut dalam perlombaan ini. Perlombaan menggunakan system grup, dimana sebanyak 24 tim dibagi menjadi 6 grup. Masing-masing grup terdiri dari 4 tim. Setiap tim teridiri dari 2 orang, yakni 1 laki-laki dan 1 perempuan. Aturan perlombaan yakni, setiap tim dimana peserta perempuan dengan mata tertutup me make up rekan setimnya yang notabene peserta laki-laki. Tim dengan hasil make up terbaik, dialah yang menjadi pemenangnya. Pada pertandingan perdana didapat masing-masing juara grup yakni sebanyak 6 tim yang berhak lolos ke fase knock out. Lomba make up berpasangan menjadi perlombaan penutup di hari pertama rangkaian kegiatan peringatan 70 tahun kemerdekaan RI yang diadakan SMA Negeri 1 Rembang. 
Pada hari kedua, Kegiatan diawali dengan Jalan sehat. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh civitas akademika SMA Negeri 1 Rembang. Mengambil start di Lapangan SMA Negeri 1 Rembang. Kemudian berjalan menuju ke desa Wlahar, dan kembali lagi ke SMA Negeri 1 Rembang untuk finish. 

Pasca Jalan sehat, kegiatan dilanjutkan dengan aneka perlombaan yang merupakan lanjutan hari pertama. Perlombaan diawali dari cabang tarik tambang puteri. Di hari kedua ini, sebanyak 12 pertandingan yang terdiri dari fase 12 besar, fase 6 besar, semifinal dan final. Di partai puncak untuk memperebutkan juara 1, memertemukan tim kelas XII IPA 1 dengan X3. Pertandingan berjalan alot. Kedua tim berjuang sekuat tenaga untuk menjadi yang terbaik. Pada rounde pertama, pertandingan dimenangi kelas XII IPA 1. Sedangkan pada rounde kedua, laga dimenangi oleh kelas X3. Karena kedudukan sama, penentuan juara ditentukan lewat rounde ketiga. Di rounde penentuan, pertandingan berjalan ketat. Tarik menarik silih berganti antar kedua tim. Namun, berbekal dukungan supporter yang terus menyemangati, tim kelas X 3 pada rounde ini tampil luar biasa dan akhirnya berhasil memenangi laga. Sementara itu, pada partai perebutan tempat ketiga yang mempertemukan kelas XI IPA 3 dengan XI IPA 1 berhasil dimenangkan oleh kelas XI IPA 3. 

Seusai berakhirnya partai final tarik tambang puteri, kegiatan berlanjut ke perlombaan memindahkan kaleng dengan stick berpasangan putera. Sebanyak empat pertandingan yang meliputi fase semifinal dan final digelar dihari kedua ini. Di partai puncak mempertemukan tiga tim, yakni kelas XII IPA 1, X1 dan X2. Mereka bertarung di final guna memperebutkan juara 1, 2 dan 3. Lewat pertarungan sengit, memaksa pertandingan final berjalan dua kali. Karena pada pertandingan pertama terdapat dua kelas yang mampu mengumpulkan kaleng dengan jumlah yang sama, yakni kelas XI dan X2. Di pertandingan kedua, akhirnya kelas X2 mampu tampil menjadi yang terbaik dan berhak memperoleh juara 1. Sedangkan juara 2 didapat kelas XI dan juara 3 didapat kelas XII IPA 1. 
Pada perlombaan ketiga, digelar semifinal dan final lomba estafet bola pimpong menggunakan gelas. Di partai semifinal mempertemukan 6 tim. Lewat pertarungan yang ketat, akhirnya didapat 3 tim finalis yang berhak tampil dipartai puncak, yakni kelas XII IPA 1, XII IPA 3 dan XI. Kengototan masing-masing tim untuk menjadi juara, membuat pertandingan final berlangsung alot. Pada final pertama, ternyata ketiga tim berhasil memindahkan bola pimpong yang sama jumlahnya. Oleh karena itu, pertandingan pun dilanjutkan dengan pertandingan kedua. Pada pertandingan kedua, kelas X 1 mampu menjadi yang terbaik dan sekaligus menebus kegagalannya difinal lomba memindahkan kaleng. Sedangkan juara ke 2 dan 3 secara berturut-turut didapat kelas XII IPA 3 dan XII IPA 1 
Kegiatan peringatan HUT 70 Kemerdekaan RI di SMA Negeri 1 Rembang ditutup dengan partai semifinal dan final lomba make up berpasangan. Keriuhan mewarnai lomba make up di sepanjang laga. Supporter memadati arena lomba yang digelar di Unit 1 SMA Negeri 1 Rembang dan terus menyanyikan yel-yel dukungan. Di partai puncak, tiga tim yakni kelas X 1, X2 dan X6 bertanding guna memperebutkan juara 1, 2 dan 3. Juri dibuat bingung ketika harus memutuskan juara 1, 2 dan 3. Karena semua hasil make up peserta hamper sama. Melalui diskusi yang alot antar juri, didapat juara 1, 2 dan 3 secara berturut-turut yakni kelas X2, X1 dan X6. 
Tepat pada pukul 14.00 wib, rangkaian kegiatan HUT 70 Kemerdekaan RI di SMA Negeri 1 Rembang berakhir. Kegiatan ditutup secara simbolis dengan meniup peluit sebanyak tiga kali, yang dilakukan oleh M Aminudin S, Pd selaku wakil kepala sekolah urusan kesiswaan.
Adapun lomba lipsync pidato pahlawan, pelaksanaannya dibagi menjadi dua tahap. Pertama adalah tahap pendaftaran peserta, yang dimulai dari tanggal 14-20 agustus 2015. Kedua adalah tahap penilaian yang dimulai dari tanggal 21-23 agustus 2015. Pada tahap pendaftaran peserta didapat 8 peserta, yakni kelas X1, X2,X3, X5, XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPS 3, dan XII IPS 1. Dalam rentang antara tanggal 21-23 agustus 2015, setiap peserta melakukan like dan share video lipsyncnya. Proses like dan share ditutup pada hari minggu 23 agustus 2015, pukul 20.00 wib. Hasil akhir dari lomba lipsync pidato pahlawan yakni, juara 1, 2 dan 3 secara berturut-turut adalah kelas X 5, XI IPA 2 dan X2

H. HASIL

Melalui kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 70 didapat hasil yakni:
1. Terlaksananya kegiatan Peringatan HUT RI ke 70 sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan keimanan yakni menyukuri nikmat Kemerdekaan bangsa Indonesia
2. Terlaksananya kegiatan Peringatan HUT RI ke 70 yang terdiri dari 5 perlombaan, yakni lomba tarik tambang puteri, lomba memindahkan kaleng berpasangan putera, lomba estafet memindahkan bola pimpong putera-puteri, lomba make up berpasangan putera-puteri dan lomba lipsync pidato Pahlawan yang diikuti oleh setiap kelas di SMA Negeri 1 Rembang
3. Terlaksananya program kerja Osis periode kepengurusan tahun 2015
4. Semakin berkembang dan membudaya sikap sportif dilingkungan sekolah. Hal ini tercermin dari pelaksanaan lomba peringatan HUT RI yang berjalan lancer. Semua peserta menerima semua hasil lomba
5. Semakin tumbuhkembang nasionalisme civitas akademika SMA Negeri 1 Rembang. Hal ini tercermin dari pelaksanaan lomba lipsync pidato pahlawan, dimana semua peserta antusias untuk meniru pahlawan idolanya sebagaimana sosok aslinya
6. Melahirkan kreatifitas dan inovasi siswa berupa karya video lipsync pidato pahlawan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai sarana edukatif, seperti gerakan social untuk mengenal kembali para pahlawan, maupun sebagai media pembelajaran sejarah

I. HAMBATAN
Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 70, dalam pelaksanaannya mengalami beberapa hambatan yang berakibat pada kurang optimalnya beberapa kegiatan, yakni:
1. Minimnya partisipasi lomba Lipsync pidato pahlawan, dikarenakan kurangnya informasi dan sosialisasi serta koordinasi dengan wali kelas
2. Pelaksanaan lomba yang memakan waktu hingga siang hari, kurang efektif untuk menyedot masa guna memeriahkan lomba karena cuaca panas
3. Terdapat beberapa kelas yang tidak ikut berpartisipasi dalam cabang lomba tertentu karena berbagai hal, seperti factor belum maksimalnya sosialisasi maupun keengganan kelas untuk berpartisipasi

J. SARAN
Pelaksanaan peringatan HUT RI ke 70 tahun 2015 masih terdapat beberapa kekurangan. Oleh karena itu, agar kegiatan peringan HUT RI kedepan dapat berjalan lebih optimal, terdapat beberapa saran:
1. Sosialisasi dan distribusi informasi kegiatan peringatan HUT RI kedepannya lebih massif dengan menggunakan beragam media kreatif
2. Koordinasi dengan Wali kelas dan Kelas perlu lebih intensif, semisal dengan mengadakan technical meeting
3. Manajemen waktu pelaksanaan lomba perlu di susun secara lebih efektif dan efisien. Misalnya, pelaksanaan lomba tidak melebihi waktu dzuhur
4. Manajemen acara yang lebih entertainment, yang mampu membuat setiap kelas ‘betah’ untuk terus mengikuti kegiatan peringatan HUT RI.
5. Pelibatan Tim Guru dalam kegiatan perlombaan, kedepannya perlu dioptimalkan. Hal ini dikarenakan, pelibatan Tim Guru mampu menarik antusiasme siswa untuk menyaksikan pertandingan

K. SUSUNAN KEPANITIAAN ( TERLAMPIR) 

L. REALISASI PENGGUNAAN DANA (TERLAMPIR) 

M. PENUTUP

Demikian laporan kegiatan ini kami buat, untuk dapat dipergunakan sebagaiamana mestinya. Terima kasih, SMANSAR JAYA!

Rembang, 1 September 2015

Ketua OSIS                            Ketua Pelaksana                                  Sekertaris

Wendro Tanjung                     Imam Wahyu N                                  Revi Dewi R
NIS. 5101                                NIS.5194                                            NIS. 5054
        
Mengetahui,
Kepala Sekolah                       Waka. Kesiswaan                              Pembina Sie Bidang


Purwito,S.Pd                           M. Aminudin,S.Pd                            Bambang Eko B, S.Pd
NIP.197409271999031004    NIP.197301242008011009                NIP. 19770627 200801 1 005

Posting Komentar

0 Komentar